Minggu, 28 Juli 2013

Inilah 7 Alasan untuk Pindah Kerja


Ilustrasi : Shutterstock

Startinspiration - Banyak alasan yang membuat karyawan berhenti bekerja dari satu perusahaan. Mulai dari persoalan sepele hingga masalah prinsip. Namun, benarkah keputusan tersebut sudah tepat?

Menurut buku 13 Jurus Jitu Sukses di Dunia Kerja karya Windya Novita, ada tujuh alasan utama bagi karyawan untuk pindah kerjaan. Jika mengalami salah satu di antaranya, tidak ada salah jika Anda mulai mencari pekerjaan baru.

Kerja di bawah tekanan
Bekerja di bawah tekanan sangatlah tidak nyaman. Sebaik apapun pekerjaan yang Anda lakukan tetap tidak akan menyenangkan ketika batin tersiksa. Jika mengalami hal tersebut, jangan ragu untuk segera pindah kerja. Dalam buku Finding a Path with a Heart : How to Go From Burnout To Bliss, Beverly Potter menyebut, menekuni pekerjaan yang tidak sesuai akan memberikan efek negatif pada semangat, bahkan kesehatan seseorang.

Mendapat tawaran kerja lebih baik
Tidak bisa terelakkan jika tawaran gaji lebih besar akan membuat kita tertarik untuk berpaling ke perusahaan lain. Namun, jangan terburu-buru untuk pindah kerja hanya karena gaji besar dan fasilitas lengkap. Cermati pula iklim kerja yang cocok dengan diri Anda di perusahaan tersebut. Tidak ada salahnya berhitung untuk membandingkan tawaran pekerjaan itu dengan jabatan yang Anda jalani.

Suasana kerja tidak kondusif
Suasana kerja yang tidak kondusif akan membuat kita kehilangan motivasi dalam bekerja. Sekalipun pekerjaan dapat selesai tepat waktu, untuk hasil belum tentu bisa maksimal. Namun, selidiki lebih dalam, apa penyebab Anda merasa tidak nyaman. Jika permasalahannya ada pada lingkungan kerja, cobalah perbaiki hubungan dengan rekan kerja selama beberapa waktu. Jika tetap tidak bisa, pindah kerja merupakan solusi terakhir yang bisa ditempuh.

Tidak menjanjikan masa depan
Jika jenjang karier terasa mandek namun produktivitas dan kinerja Anda baik, maka tidak ada salahnya berpindah pekerjaan yang lebih menjanjikan. Namun, pastikan jika pekerjaan itu memiliki prospek yang cerah di masa depan.

Tidak menjiwai pekerjaan

Saat bekerja jangan hanya berorientasi pada gaji yang kita peroleh setiap bulan guna memenuhi kebutuhan hidup. Alangkah lebih menyenangkan ketika setiap pekerjaan yang kita lakukan juga bisa memberikan kebahagiaan psikis, yakni kesesuaian dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Stres
Rasa stres kerap kali menghantui para karyawan karena berbagai tekanan yang ada. Namun, pastikan Anda mengetahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab timbulnya rasa stres tersebut sehingga keputusan yang diambil pun tidak salah langkah.

Tidak ada tantangan dalam bekerja
Jika setiap saat pekerjaan yang kita geluti memiliki tantangan tentu akan membuat kita terpacu untuk selalu menyelesaikannya. Namun, ketika tantangan tersebut tidak lagi ditemukan, kita akan merasa hambar dengan pekerjaan tersebut. Jika hal tersebut terjadi, cobalah munculkan tantangan sendiri. Apabila tetap tidak berhasil, agaknya pindah kerja bisa menjadi alternatif pilihan.

Yang pasti, sebelum memutuskan untuk pindah kerja, pastikan Anda telah memikirkan dengan seksama keputusan tersebut. Jangan mengambil keputusan saat emosi karena nantinya hanya akan menimbulkan penyesalan









Sumber